Salah satu makna dari Idul Qurban adalah memumpuk rasa solidaritas antar esama, saling berbagi antara masyarakat muslim yang mampu kepada saudaranya yang tidak mampu. Daging qurban sendiri merupakan jenis daging merah yang mengandung zat gizi terutama protein dan lemak hewani. Kedua zat gizi ini merupakan zat gizi penting untuk tubuh kita.
Namun, dari tahun ketahun setiap sehabis hari raya qurban berakhir, biasanya rumah sakit dipenuhi oleh pasien yang didominasi para orang tua. Penyakit yang sering dikeluhkan mereka utamanya antara lain adalah darah tinggi (hipertensi), kolesterol dan asam urat. Masalah penyakit keluhan sehabis idul qurban akan timbul jika daging dikonsumsi berlebihan karena selain memiliki kandungan gizi, daging kambing atau sapi memiliki kandungan lemak jahat yang cukup tinggi. Oleh karenanya berikut tips mengatasi penyakit keluhan (hipertensi, kolesterol, dan asam urat) yang kemungkinan akan timbul setelah mengkonsumsi daging qurban.

Tips atasi Penyakit Keluhan sehabis Iqul Qurban

  1. Jangan mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat.
  2. Bagi mereka para orang tua atau mereka yang memiliki riwayat hipertensi, kolesterol tinggi ataupun asam urat. Jika mereka tetap ingin mengkonsumsi olahan daging tersebut, jangan lupa juga untuk menyediakan lalapan buah dan sayuran (ketimun, semangaka, melon, dll),
  3. Perbanyaklah minum air putih untuk menetralisir tingginya kadar lemak dan asam urat dalam daging tersebut.
  4. Bagi mereka yang menderita hipertensi sebelumnya, perlu juga menyiapkan obat darah tinggi yang biasanya dikonsumsi, untuk mengontrol tekanan darah supaya tidak cepat naik.
  5. Hindari konsumsi secara bersamaan antara daging dengan jeroan dari hewan kurban tersebut seperti usus, otak, hati, paru atau limpa.
  6. Jangan tidur dalam waktu 2 jam setelah makan. Langsung tidur setelah makan akan memudahkan isi lambung termasuk asam lambung akan berbalik arah kembali ke kerongkongan.
Artikel ini bukan berarti daging qurban membawa dampak negatif terhadap badan kita. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, apalagi jika menyangkut masalah mengenai penyakit hipertensi, kolesterol dan asam urat yang diperlukan kehati-hatian dalam mengkonsumsi makanan.
Semoga dengan memperhatikan dampak dari mengonsumsi daging, kita dapat melalui Hari Raya Idul Qurban ini tetap dalam keadaan sehat dan ceria dan saling berbagi dengan suka cita tanpa adanya penyakit keluhan yang menganggu. Selamat berbagi keceriaan di bulan yang sangat istimewa ini. Happy Ied Al-adha!.

Sumber.